Dalam sejarah kita mengenal akar dari banyak budaya yaitu India Kuno. Letaknya berada di Asia Selatan. Kita tahu, India memiliki julukan sebagai "Anak Benua Asia". India yang sekarang memang tidak seluas India yang dulu, karena telah terbagi menjadi negara-negara yang berdiri sendiri-sendiri yaitu India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka. Jadi, jangan kaget jika mengetahui orang-orang dari kelima negara-negara tersebut memiliki karakter yang sama. Negara-negara tersebut terbentuk karena memiliki perbedaan politik, terlebih India dan Pakistan.

India dan Pakistan terbentuk pada tahun 1947. Pakistan yang berdiri sebagai negara Islam ini memiliki hari kemerdekaan pada tanggal 14 Agustus, berbeda satu hari dengan hari kemerdekaan India pada tanggal 15 Agustus. Pada awalnya, Pakistan terdiri dari dua bagian. Bagian timur kemudian menjadi Bangladesh pada tahun 1971.

Peristiwa pecahnya India tersebut dikenal dengan Pemisahan. Sejak pemisahan, India dan Pakistan sering terlibat dalam peperangan. Diantaranya perebutan Lembah Khasmir. Selain itu, akibat Pemisahan ini, tidak sedikit orang-orang yang bermigrasi, baik dari India ke Pakistan atau dari Pakistan ke India.

Di samping itu, meskipun India dan Pakistan memiliki banyak konflik, tapi mereka mempunyai banyak kesamaan. Selain memang mereka 1 ras, bahasa mereka juga hampir sama, bisa dibilang, banyak yang sama. Di India, Hindi adalah bahasa nasionalnya, tulisannya biasanya menggunakan aksara Devanagari. Sedangkan di Pakistan, Urdu adalah bahasa nasionalnya, tulisannya menggunakan Arab-Persia, sekilas memang terlihat sama dengan tulisan Arab di Al-Qur'an. Tetapi, jika diperhatikan lagi, maka terlihat banyak perbedaannya. Kembali ke bahasa yang digunakan di India dan Pakistan, beberapa kosakata Bahasa Urdu dan Hindi memiliki banyak kesamaan, karena memang asalnya Bahasa Urdu itu dari bahasa di India. Jadi, jangan kaget kalau ke India atau Pakistan, bahasa mereka terdengar sama, tapi bukan berarti bahasa mereka sama persis ya. Bahasa Urdu tidak hanya digunakan di Pakistan saja, tapi juga digunakan di India oleh para Muslim di sana. Di India hampir sama dengan di Indonesia, banyak macam bahasanya, misalnya Hindi, Urdu, Telugu, Malayalam (1 kata dalam bahasa ini terlihat sangat panjang, menurut saya), Punjab, dll.

Saya mengetahui hal-hal yang saya tulis di atas, bukan karena saya pernah ke India dan Pakistan, tetapi dari buku "National Geographic India Kuno", membaca pengalaman orang yang pernah ke Pakistan di blog, maaf lupa nama blognya karena sudah lama, dan dari teman-teman di Facebook. Oh iya, ada teman saya dari Facebook yang bilang kalau Urdu lebih mudah dari Hindi, karena dalam Bahasa Hindi banyak kata-kata sulit. Ya... nggak tau juga benar atau nggak, karena dia orang Pakistan. Ahaha :D

Semoga informasi yang sedikit ini bermanfaaf, jika ada yang mau memberi komentar, saran, atau mau berbagi info, silakan :)